3.1. PENENTUAN KLASIFIKASI JALAN
Jalan diklasifikasikan dalam kelas-kelas, berdasarkan fungsi dan besarnya volume serta sifat lalu lintas :
Tabel 3.1. Klasifikasi Menurut Kelas Jalan
KLASIFIKASI | LALU LINTAS HARIAN RATA-RATA (LHR) DALAM SMP | |
FUNGSI | KELAS | |
ARTERI | I | > 20.000 |
II | 6.000 s.d 20.000 | |
IIIA | 1.500 s.d 8.000 | |
KOLEKTOR | IIIA | <> |
IIIB | - | |
LOKAL | IIIC | - |
Sumber : Tata Cara Perencanaan Jalan Antar Kota, Departemen Pekerjaan Umum. Direktorat Jendral Bina Marga, Jalan No. 038/T/BM/97.
Satuan mobil penumpang (SMP) dipakai sebagai pembanding keseluruhan pengaruh arus lalu lintas terhadap suatu mobil penumpang. Pengaruh ini diperhitungkan dengan mengekuivalenkan terhadap kendaraan standar.
Besarnya faktor ekuivalen untuk masing-masing kendaraan :
Ø Mobil Penumpang : 1
Ø Bus : 3
Ø Truk 2 as : 2
Ø Truk 3 as : 3,5
Tabel 3.2. Distribusi Lalu Lintas
Jenis Kendaraan | Jumlah | Faktor Pengali | SMP |
A | B | A x B | |
Kendaraan Ringan Mobil Penumpang Bus Truk 2 as Truk 3 as
| 1840 154 149 66 57
| 1 1 3 2 3 | 1840 154 447 132 171 |
LHR | 2744 |
Sumber : Tata Cara Perencanaan Jalan Antar Kota, Departemen Pekerjaan Umum. Direktorat Jendral Bina Marga, Jalan No. 038/T/BM/97.
Dari data-data diketahui :
Ø Umur rencana : 20 tahun
Ø Pertumbuhan lalu lintas : 3,0 %
Ø LHR Awal : 2744
Maka :
Ø LHR akhir = (1 + i)n x LHR awal + LHR awal
= (1 + 0,030)20 x 2744 + 2744
= 7699.96
= 7700 SMP
Ø LHR rata-rata = 5222 SMP
Jadi sesuai dengan Tabel 1. TCPGJAK (Tata Cara Perencanaan Jalan Antar Kota), bahwa dengan jarak LHR = 5222 SMP, maka jalan tersebut diklasifikasikan Jalan Kelas IIIA (Jalan Arteri) 1500 s.d 8000 SMP.
3.2. PERENCANAAN ALINEMEN HORIZONTAL
3.2.1.PERENCANAAN ALTERNATIF LINTASAN
Beberapa kriteria perencanaan lintasan :
1. Jarak lintasan tidak terlalu panjang
2. Pelaksanaan dan pemeliharaan operasional mudah dan efisien
3. Ekonomi dari segi pelaksanaan, pemeliharaan dan operasionalnya
4. Aman dalam pelaksanaan, pemeliharaan dan operasionalnya
5. Memenuhi perencanaan desain
Dipilih lintasan dengan dua tikungan. Perencanaan jalan dua tikungan ini memenuhi semua kriteria persyaratan dan telah dianggap cukup efisien dan efektif dimana telah disesuaikan dengan kondisi medan.
Ø Alternatif Lintasan I
Dipilih lintasan dengan lintasan yang lurus dengan langsung menghubungkan titik awal (D) dan titik akhir (H).
Lintasan ini tidak memenuhi point 2 dan 3, tanpa memandang kondisi topografi dan tanpa memperhitungkan volume galian dan timbunan serta tidak sesuai dengan kriteria desain.
Selain itu alternatif I ini, juga tidak memenuhi syarat penyelesaian tugas jalan raya, yang diharapkan mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan dalam merencanakan suatu lengkungan pada perencanaan alinemen horizontal.
Ø Alternatif Lintasan II
Dipilih lintasan dengan dua tikungan. Perencanaan jalan dua tikungan ini telah memenuhi semua kriteria persyaratan dan telah dianggap cukup efisien dan efektif dimana telah disesuaikan dengan kondisi medan. Pada betuk lintasan ini jumlah timbunan dan galian hampir seimbang
Ø Memenuhi Klasifikasi MedanDi bawah ini adalah bentuk sket lintasan keseluruhan dengan prototif letak titik potong.
Tabel 3.3. Klsifikasi Medan
TITIK | STATIONING | ELEVASI | BEDA TINGGI | JARAK (m) | KEMIRINGAN | n% | |
|
|
|
|
|
|
|
|
D | 0+ | 0 | 45.000 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.340 | 50 | 0.0068 | 34 |
1 | 0+ | 50 | 45.340 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.570 | 50 | 0.0114 | 57 |
2 | 0+ | 100 | 45.910 |
|
|
|
|
|
|
|
| 1.020 | 50 | 0.0204 | 102 |
3 | 0+ | 150 | 44.890 |
|
|
| 0 |
|
|
|
| 0.160 | 50 | 0.0032 | 16 |
4 | 0+ | 200 | 45.050 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.160 | 50 | 0.0032 | 16 |
5 | 0+ | 250 | 45.210 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.170 | 50 | 0.0034 | 17 |
6 | 0+ | 300 | 45.380 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.160 | 50 | 0.0032 | 16 |
7 | 0+ | 350 | 45.540 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.170 | 50 | 0.0034 | 17 |
8 | 0+ | 400 | 45.710 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.160 | 50 | 0.0032 | 16 |
9 | 0+ | 450 | 45.870 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.630 | 50 | 0.0126 | 63 |
10 | 0+ | 476 | 45.240 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.120 | 50 | 0.0024 | 12 |
11 | 0+ | 500 | 45.360 |
|
|
|
|
|
|
|
| 1.270 | 50 | 0.0254 | 127 |
12 | 0+ | 550 | 46.630 |
|
|
|
|
|
|
|
| 2.370 | 50 | 0.0474 | 237 |
13 | 0+ | 600 | 49.000 |
|
|
|
|
|
|
|
| 1.560 | 50 | 0.0312 | 156 |
14 | 0+ | 650 | 50.560 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.860 | 50 | 0.0172 | 86 |
15 | 0+ | 700 | 51.420 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.910 | 50 | 0.0182 | 91 |
16 | 0+ | 750 | 50.510 |
|
|
|
|
|
|
|
| 2.160 | 50 | 0.0432 | 216 |
17 | 0+ | 800 | 48.350 |
|
|
|
|
|
|
|
| 1.510 | 50 | 0.0302 | 151 |
18 | 0+ | 850 | 46.840 |
|
|
|
|
|
|
|
| 1.840 | 50 | 0.0368 | 184 |
19 | 0+ | 950 | 45.000 |
|
|
|
|
|
|
|
| 1.000 | 50 | 0.02 | 100 |
20 | 1+ | 0.00 | 44.000 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.620 | 50 | 0.0124 | 62 |
21 | 1+ | 0.50 | 43.380 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.810 | 41 | 0.019756098 | 81 |
PI | 1+ | 0.91 | 42.570 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.280 | 9 | 0.031111111 | 28 |
22 | 1+ | 100 | 42.290 |
|
|
|
|
|
|
|
| 1.170 | 50 | 0.0234 | 117 |
23 | 1+ | 150 | 43.460 |
|
|
|
|
|
|
|
| 2.430 | 50 | 0.0486 | 243 |
24 | 1+ | 200 | 45.890 |
|
|
|
|
|
|
|
| 1.580 | 50 | 0.0316 | 158 |
25 | 1+ | 250 | 47.470 |
|
|
|
|
|
|
|
| 3.090 | 50 | 0.0618 | 309 |
26 | 1+ | 300 | 50.560 |
|
|
|
|
|
|
|
| 1.580 | 50 | 0.0316 | 158 |
27 | 1+ | 350 | 52.140 |
|
|
|
|
|
|
|
| 2.010 | 50 | 0.0402 | 201 |
28 | 1+ | 400 | 50.130 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.870 | 50 | 0.0174 | 87 |
29 | 1+ | 450 | 51.000 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.170 | 50 | 0.0034 | 17 |
30 | 1+ | 500 | 51.170 |
|
|
|
|
|
|
|
| 1.230 | 50 | 0.0246 | 123 |
31 | 1+ | 550 | 52.400 |
|
|
|
|
|
|
|
| 1.300 | 50 | 0.026 | 130 |
32 | 1+ | 600 | 53.700 |
|
|
|
|
|
|
|
| 2.700 | 50 | 0.054 | 270 |
33 | 1+ | 650 | 51.000 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.690 | 50 | 0.0138 | 69 |
34 | 1+ | 700 | 51.690 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.310 | 50 | 0.0062 | 31 |
35 | 1+ | 750 | 52.000 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.000 | 50 | 0 | 0 |
36 | 1+ | 800 | 52.000 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.280 | 50 | 0.0056 | 28 |
37 | 1+ | 850 | 52.280 |
|
|
| 0 |
|
|
|
| 0.940 | 50 | 0.0188 | 94 |
38 | 1+ | 900 | 51.340 |
|
|
|
|
|
|
|
| 2.730 | 50 | 0.0546 | 273 |
39 | 1+ | 950 | 48.610 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.410 | 50 | 0.0082 | 41 |
40 | 2+ | 0.00 | 48.200 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.390 | 50 | 0.0078 | 39 |
41 | 2+ | 0.50 | 48.590 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.390 | 50 | 0.0078 | 39 |
42 | 2+ | 100 | 48.980 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.490 | 50 | 0.0098 | 49 |
43 | 2+ | 150 | 48.490 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.410 | 50 | 0.0082 | 41 |
44 | 2+ | 200 | 48.080 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.080 | 50 | 0.0016 | 8 |
45 | 2+ | 250 | 48.000 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.470 | 50 | 0.0094 | 47 |
46 | 2+ | 300 | 47.530 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.090 | 50 | 0.0018 | 9 |
47 | 2+ | 350 | 47.440 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.020 | 50 | 0.0004 | 2 |
48 | 2+ | 400 | 47.460 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.800 | 50 | 0.016 | 80 |
49 | 2+ | 450 | 48.260 |
|
|
|
|
|
|
|
| 0.200 | 8 | 0.025 | 20 |
H | 2+ | 458 | 48.460 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| TOTAL |
| 2458 | - | 4568 | |
|
| KEMIRINGAN JALAN | 1.858421481 | ||||
|
| JENIS MEDAN |
| D a t a r |
Ø Beda Tinggi = Elevasi n – Elevasi (n-1)
Ø Kemiringan =
Ø Kemiringan Jalan =
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tinggalkan komentar anda tentang blog beserta isinya???